Jember, [14 Des 2024] – Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Jember baru saja melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan dalam rangka akreditasi program studi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (13-14 Desember 2024) dan melibatkan dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK), yaitu Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si dan Prof. Dr. Tatang Herman, M.Ed
Asesmen Lapangan (AL) ini bertujuan untuk menilai kesiapan Program Studi S1 Pendidikan Matematika dalam memenuhi standar mutu pendidikan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Selama kegiatan berlangsung, Tim asesor meninjau berbagai aspek, mulai dari VMTS; Tata pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Kemahasiswaan, Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Sarana Prasarana, Kurikulum, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Luaran dan capaian, evaluasi dan umpan baliknya.

Kegiatan Asesmen Lapang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Universitas Jember Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc, Ph.D. menyampaikan komitmen Universitas Jember untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa. “Kami sangat mengapresiasi kehadiran asesor LAMDIK dalam rangka asesmen lapangan di Program Studi Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika yang telah terakreditasi internasional ASIIN, Besar harapan kami, hasil dari asesmen ini akan memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan mutu program studi,” ujar Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc, Ph.D Universitas Jember.

Stakeholders internal terdiri dari Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan dan didukung oleh LPMPP, LP2M, SPI, UPA Perpustakaan, UPA Bahasa dengan diperkuat partisipasi stakeholders eksternal pengguna yang hadir: Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Kepala Sekolah SMA N 1 Jember, Kepala Sekolah SMP N 2 Jember serta Kepala Lembaga Bimbingan Belajar yang turut berperan aktif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan asesor selama proses asesmen. Seluruh tim taskforce akreditasi Program Studi S1 Pendidikan Matematika optimis bahwa akreditasi ini akan memberikan hasil terbaik (UNGGUL) demi mendukung kemajuan pendidikan di wilayah Jember dan sekitarnya. Hasil asesmen lapangan ini diharapkan dapat menjadi pijakan bagi Program Studi S1 Pendidikan Matematika untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam mencetak tenaga pendidik yang berdaya saing global.

