LPMPP UNEJ SELENGGARAKAN WORKSHOP PENYUSUNAN PERANGKAT PERKULIAHAN BERBASIS CAPAIAN DAN PENGISIAN RPS DI SIAKAD

Jember, 12 Agustus 2025 – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) melalui Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran ((PPIP) Universitas Jember menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Perkuliahan Berbasis Capaian dan Pengisian RPS di SIAKAD pada Selasa, 12 Agustus 2025. Kegiatan yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh kurang lebih 760 dosen di Lingkungan Universitas Jember dari berbagai fakultas, sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pembelajaran di lingkungan kampus.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan sambutan dan pembukaan resmi oleh Kepala LPMPP UNEJ, Prof. Dr. Ermanto Fahamsyah, S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menegaskan pentingnya peran dosen dalam menyusun perangkat perkuliahan yang selaras dengan capaian pembelajaran program studi, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang administrasi akademik. “RPS bukan sekadar dokumen administratif, tetapi panduan strategis bagi dosen dan mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sesi pertama dibawakan oleh Prof. Tantut Susanto, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Kom., Ph.D., yang memaparkan materi tentang SISKA (Sistem Layanan Konseling Akademik) dan AUM (Alat Ungkap Masalah) mahasiswa. Beliau menekankan bahwa hasil AUM rendah tidak selalu berarti mahasiswa bebas masalah, karena bisa saja mahasiswa enggan terbuka atau belum menyadari adanya kendala. Prof. Tantut memberikan panduan bagi Dosen Pembimbing Akademik untuk melakukan interpretasi hasil dengan hati-hati, mengonfirmasi melalui wawancara singkat, memberikan preventive counseling, melakukan monitoring berkala, mendorong keterbukaan, serta mencatat setiap hasil bimbingan demi deteksi dini dan penanganan cepat jika masalah muncul di kemudian hari.

Mulai pukul 09.00 WIB, Prof. Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P. membawakan materi khusus tentang Penentuan Bobot SKS dan Persentase Penilaian. Beliau menekankan bahwa penilaian pembelajaran harus mencerminkan pencapaian kompetensi yang diharapkan, menggunakan instrumen yang tepat, serta mengedepankan prinsip keadilan dan objektivitas.

Pada pukul 10.00 WIB, Dr. Dian Kurniati, M.Pd. memandu peserta menyusun RPS yang efektif. Ia mengawali penyampaian materi dengan menegaskan bahwa, “Perencanaan yang baik akan membuat mahasiswa lebih mudah mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.” Dalam sesi tersebut, Dr. Dian mengajak peserta untuk memahami langkah-langkah penyusunan RPS mulai dari perumusan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), penyusunan materi ajar, strategi pembelajaran, hingga perencanaan penilaian. Peserta juga diarahkan untuk memastikan bahwa setiap komponen RPS selaras dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan visi misi Universitas Jember. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan teknis pengisian RPS pada sistem akademik (SIAKAD). Seluruh dosen yang hadir melalui Zoom mendapatkan panduan langsung mulai dari penginputan data RPS, hingga pengisian CPL, CPMK, Sub CPMK dan persentase serta jenis penilaian agar dokumen siap digunakan pada semester gasal 2025/2026.

Dengan terselenggaranya workshop ini, LPMPP UNEJ berharap seluruh dosen dapat mengoptimalkan penyusunan perangkat perkuliahan berbasis capaian dan memanfaatkan SIAKAD sebagai media pengelolaan akademik yang terintegrasi. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan memastikan ketercapaian standar mutu pendidikan di Universitas Jember.