Jember, [10 Des 2024] – Program Studi Magister Pendidikan Dasar Universitas Jember baru saja melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan dalam rangka akreditasi program studi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (10-11 Des 2024) dan melibatkan dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) , yaitu Prof. Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd dan Dr. Isrok’atun, M.Pd.
Asesmen lapangan (AL) ini bertujuan untuk menilai kesiapan Program Studi Magister Pendidikan Dasar dalam memenuhi standar mutu pendidikan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Selama kegiatan berlangsung, para asesor meninjau berbagai aspek, mulai dari VMT dan strategi; tata pamong, tata Kelola dan Kerjasama, kemahasiswaan, SDM, keuangan dan sarpras, kurikulum, penelitian, pengabdian kepada Masyarakat serta luaran dan capaian, evaluasi dan umpan baliknya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember Dr. Fendi Setyawan, S.H., M.H yang menyampaikan komitmen Universitas Jember untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa. “Kami sangat mengapresiasi kehadiran para asesor dalam rangka asesmen lapangan ini. Harapan kami, hasil dari asesmen ini akan memberikan hasil terbaik untuk rekomendasi strategis guna meningkatkan mutu program studi,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni Universitas Jember.
Stakeholders internal terdiri dari Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan,di dukungan oleh LPMPP, LP2M, SPI, UPA Perpustakaan, UPA Bahasa dengan diperkuat partisipasi stakeholders eksternal pengguna yang hadir: Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Jember turut berperan aktif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan asesor selama proses asesmen. Seluruh tim Program Magister Pendidikan Dasar optimis bahwa akreditasi ini akan memberikan hasil terbaik demi mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama area se eks karesidenan Besuki. Hasil asesmen lapangan ini diharapkan dapat menjadi pijakan bagi Program Magister Pendidikan Dasar untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam mencetak tenaga kesehatan profesional yang berdaya saing tinggi.
