Jember, [30 April 2025] – Program Studi D3 Manajemen Perusahaan FEB Universitas Jember baru saja melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan dalam rangka akreditasi program studi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (29-30 April 2025) dan melibatkan dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akutansi (LAMEMBA) yaitu Dr. Mahfudz, SE, MT (Universitas Diponegoro) dan Dr. Estu Widarwati, SE, M.Si (PT Mitra Plan Kons)
Asesmen Lapangan (AL) ini bertujuan untuk menilai kesiapan Program Studi D3 Manajemen Perusahaan FEB dalam memenuhi standar mutu pendidikan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Selama kegiatan berlangsung, Tim asesor meninjau berbagai aspek, mulai dari VMTS; Tata pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Kemahasiswaan, Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Sarana Prasarana, Kurikulum, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Luaran dan capaian, evaluasi dan umpan baliknya.
Kegiatan Asesmen Lapang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Jember yaitu Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM., ASEAN Eng. Bapak Rektor mengapresiasi kepada asesor yang memiliki pengalaman pertama kali datang ke Universitas Jember. Universitas Jember merupakan kampus terbesar di wilayah Jawa Timur bagian timur, 13% prodi di UNEJ terakreditasi internasional, dan lebih dari 50% prodi di unej terakreditasi nasional. Kualitas program studi terus diupayakan harus tetap dijaga sesuai standar mutu LAM dan BAN PT.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tentang profil Universitas Jember disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yaitu Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. Universitas Jember berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa. “Kami sangat mengapresiasi kehadiran asesor LAMEMBA dalam rangka asesmen lapangan di Program Studi D3 Manajemen Perusahaan. Besar harapan kami, hasil dari asesmen ini akan memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan mutu program studi,” ujar Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D.

Gambar 1. Sesi Pembukaan Dokumentasi Bersama Pimpinan UNEJ dan Asesor LAMEMBA
Stakeholders internal terdiri dari Dosen, Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan dan didukung oleh LPMPP, LP2M, SPI, UPA Perpustakaan, UPA Bahasa dengan diperkuat partisipasi stakeholders eksternal pengguna yang hadir: 1. Vicky Armando Ambate, S.M., M.M (KPP Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Jember); 2. Demitri Marvin Kadhaffi, S.E., M.M (Branch Manager Bank Mandiri Cabang Besuki); 3.Sholeh, S.E. (PT. Mitratani Dua Tujuh Jember); 4.Dian Retno, S.E. (Bank Indonesia Jember); 5.Dr.Iryono, M.Si (Taman Botani Sukorambi Jember); 6.Miaria Anita Sartika, S.Ak (Bank Syariah Indonesia Cabang Universitas Jember); 7.Mohamad Jazuli, S.H., M.H. (Plt. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember); 8. Cholid Ashari, S.E., M.M. (Senyum Media Jember); 9. Dr.Ainun Jariyah, M.M. (ITB Widya Gama Lumajang); 10.Yessi, S.E. (Bank Jatim Syariah Jember); 11.Hadi Paramu, S.E., Ph. D (KPRI Universitas Jember); 12.Gatot Suprabowo, S.E., M.M; 13.Didit Rendi Tri Prasetyo (Factory General Manager PT. Intidaya Dinamika Sejati Jember); 14.Kepala BKPSDM Pemerintah Kabupaten Jember yang turut berperan aktif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan asesor selama proses asesmen. Seluruh tim taskforce akreditasi Program Studi D3 Manajemen Perusahaan optimis bahwa akreditasi ini akan memberikan hasil terbaik (UNGGUL) demi mendukung kemajuan pendidikan di wilayah Jember dan sekitarnya. Hasil asesmen lapangan ini diharapkan dapat menjadi pijakan bagi Program Studi D3 Manajemen Perusahaan untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam mencetak alumni yang berdaya saing global.

Gambar 2. Penyerahan Berita Acara AL D3 Manajemen Perusahaan

Gambar 3. Foto Bersama

