Jember, Agustus 2025 — Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMPP) Universitas Jember sukses menyelenggarakan Pelatihan Applied Approach (AA) Tahap 44 Tahun 2025. Kegiatan ini berlangsung dalam format blended learning, yakni tiga hari secara daring melalui Zoom dan satu hari secara luring di Aula Lantai 2 LPMPP.
Untuk Kelompok A, pelatihan daring dilaksanakan pada 19, 20, dan 22 Agustus 2025, sedangkan sesi luring pada 20 Agustus 2025. Sementara itu, Kelompok B melaksanakan pelatihan daring pada 19, 21, dan 22 Agustus 2025, dengan sesi luring pada 21 Agustus 2025.
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMPP UNEJ, Prof. Dr. Ermanto Fahamsyah, S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peran dosen dalam menciptakan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan mahasiswa.
“Applied Approach adalah salah satu langkah strategis Universitas Jember untuk memastikan para dosen mampu merancang pembelajaran yang lebih aplikatif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Hal ini sejalan dengan upaya UNEJ dalam mewujudkan pendidikan yang humanis, inklusif, dan inspiratif,” tegas Prof. Ermanto.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran, Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. menambahkan bahwa pelatihan AA bukan hanya forum transfer pengetahuan, tetapi juga ruang refleksi bersama.
“Melalui kegiatan ini, para dosen dapat berbagi pengalaman, mendiskusikan tantangan pembelajaran, dan menemukan solusi kreatif bersama. Harapannya, pelatihan AA menjadi momentum bagi dosen UNEJ untuk terus menguatkan semangat belajar sepanjang hayat,” ungkap Dr. Dian.

Kegiatan AA ini juga menjadi bagian dari komitmen Universitas Jember dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang humanis, inklusif, dan inspiratif. Melalui pelatihan ini, para dosen dipacu untuk mengembangkan desain pembelajaran yang aplikatif, mendorong partisipasi aktif mahasiswa, serta memperhatikan keberagaman kebutuhan belajar, termasuk mahasiswa penyandang disabilitas.

Semangat yang dibangun tidak hanya sebatas peningkatan kompetensi individu, tetapi juga kebersamaan dalam membangun komunitas akademik yang solid. Diskusi-diskusi yang berlangsung selama pelatihan memberikan energi positif dan mendorong munculnya berbagai ide inovatif untuk memperkaya pembelajaran di Universitas Jember.

Dengan suksesnya pelaksanaan Pelatihan Applied Approach Tahap 44 Tahun 2025, Universitas Jember menegaskan langkahnya dalam menyiapkan tenaga pendidik yang adaptif terhadap perubahan zaman. Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk bergerak cepat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, kebutuhan industri, serta dinamika sosial masyarakat.
Melalui Applied Approach, LPMPP Universitas Jember berharap para dosen tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga mentor, fasilitator, dan inspirator bagi mahasiswa. Dengan begitu, tujuan pendidikan tinggi untuk membentuk manusia unggul, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan global dapat tercapai.
Pelatihan ini sekaligus memperkuat posisi Universitas Jember sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan, sejalan dengan visi universitas untuk menjadi institusi terkemuka dalam inovasi pertanian industrial berkelanjutan dan bereputasi internasional.

