Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Jember melalui Pusat Layanan Konseling dan Disabilitas (PLKD) menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas layanan akademik bagi dosen pembimbing atau wali akademik pada 15–16 November 2025. Kegiatan yang berlangsung secara luring ini berfokus pada penguatan kompetensi konseling dosen serta optimalisasi penggunaan Sistem Informasi Layanan Akademik (SISKA) untuk mendukung layanan bimbingan mahasiswa.
Acara dibuka oleh Sekretaris II LPMPP Universitas Jember, Dr. Siti Komariah, SE., M.Si., yang menekankan pentingnya peran dosen dalam memantau dan mendukung kesehatan mental mahasiswa sebagai bagian dari keberhasilan akademik. Ketua PLKD, Prof. Ns. Tantut Susanto, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom., Ph.D., turut menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat kapasitas pendampingan akademik yang berorientasi pada kesejahteraan emosional dan psikososial mahasiswa.

Materi utama disampaikan oleh Anis Irmala Sandy, M.Si., M.Psi., Psikolog, dari Universitas Muhammadiyah Jember, yang membahas dasar-dasar konseling, dinamika masalah emosional dan perilaku mahasiswa, hingga pentingnya resiliensi mental. Sesi berikutnya oleh Yeni Fitria, M.Kep., dari PLKD LPMPP, mengulas konsep self-efficacy dan relevansinya terhadap kesehatan mental serta perkembangan akademik mahasiswa.
Pelatihan ini memberikan manfaat nyata bagi dosen, termasuk peningkatan keterampilan mendengarkan aktif, empati, refleksi, dan penggunaan teknik bertanya yang tepat. Kemampuan tersebut membantu dosen lebih peka terhadap kondisi psikologis mahasiswa, memungkinkan intervensi awal, serta memperbaiki kualitas bimbingan akademik secara keseluruhan. Dosen juga menjadi lebih siap merujuk mahasiswa ke layanan profesional ketika diperlukan.

Secara institusional, kegiatan ini mendukung terciptanya lingkungan akademik yang inklusif dan suportif, menekan potensi dropout, serta memperkuat sistem pendampingan mahasiswa di Universitas Jember. Para peserta juga melaporkan peningkatan rasa percaya diri dan kepuasan dalam menjalankan peran sebagai Dosen Pembimbing Akademik.

Dengan pelaksanaan pelatihan ini, LPMPP menegaskan komitmennya untuk membangun ekosistem kampus yang peduli terhadap kesehatan mental dan keberhasilan mahasiswa, sekaligus memperkuat layanan akademik berbasis konseling yang terintegrasi dengan sistem informasi modern seperti SISKA (PLKD)
