JEMBER – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Jember (UNEJ) sukses menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Angkatan LXXXIII Tahun 2025 dengan format Hibrida, yang berlangsung secara lancar dan kondusif mulai 27 hingga 31 Oktober 2025.

Pelatihan yang menggabungkan sesi hybrid via ZOOM dan tatap muka di Aula LPMPP UNEJ ini diikuti oleh 42 peserta yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan UNEJ. Laporan terkait jumlah dan asal peserta disampaikan langsung oleh Koordinator Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran, Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.
Acara dibuka dengan sambutan resmi dari Ketua LPMPP UNEJ, Prof. Ermanto Fahamsyah, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Prof. Ermanto menekankan pentingnya penguatan kompetensi pedagogik dosen di era pendidikan berbasis luaran (Outcome-Based Education atau OBE).
“Pelatihan PEKERTI ini bukan hanya formalitas, namun merupakan investasi kritis bagi dosen dalam menyambut tantangan masa depan. Dosen tidak lagi hanya mentransfer ilmu, tetapi harus mampu merancang pengalaman belajar yang relevan, inovatif, dan memastikan setiap mahasiswa mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang ditetapkan,” ujar Prof. Ermanto, “Penguatan kompetensi pedagogik adalah kunci untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing.”

Acara berjalan lancar selama lima hari penuh, dimulai dengan Pretest untuk mengukur pemahaman awal peserta. Materi inti yang disampaikan berfokus pada penguatan kompetensi pedagogik, meliputi: Kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE), Mengenal dan menentukan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Strategi Pembelajaran Praktikum yang efektif, Pemanfaatan dan pengembangan Media Pembelajaran inovatif, Dan topik-topik krusial lainnya yang mendukung kualitas instruksional.
Pelatihan ditutup dengan sesi Peer Teaching sebagai simulasi praktik mengajar dan Posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Sebagai tugas akhir pelatihan ini, seluruh peserta diwajibkan untuk menyusun Perangkat Perkuliahan lengkap, meliputi Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dan dokumen pendukung lainnya, yang menjadi bukti nyata kompetensi yang telah diperoleh.

LPMPP Universitas Jember berkomitmen untuk terus menyelenggarakan program-program pengembangan profesionalisme dosen demi mencapai standar mutu pendidikan tinggi yang unggul (PIPP).
