Upaya Peningkatan Kompetensi Pendamping Akreditasi Melalui Pelatihan Penilaian Instrumen Akreditasi Nasional

Universitas Jember, melalui Lembaga Pengembangan Mutu dan Penjaminan Pendidikan (LPMPP), sukses mengadakan pelatihan bertajuk “Upaya Peningkatan Kompetensi Pendamping Akreditasi Melalui Pelatihan Penilaian Instrumen Akreditasi Nasional” pada 17-19 Mei 2024 di Hotel Java Lotus, Jember. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi para pendamping akreditasi dalam menyusun dokumen akreditasi yang berkualitas, mendukung visi universitas dalam mencapai akreditasi unggul.

Hari pertama dibuka dengan laporan pelaksanaan oleh Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P., yang merinci tujuan, sasaran, dan harapan dari pelatihan ini untuk peningkatan kualitas akreditasi di lingkungan Universitas Jember. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua LPMPP Universitas Jember, Drs. Albert Tallapessy, M.A., Ph.D., yang menekankan pentingnya peran pendamping akreditasi dalam memperkuat reputasi akademik universitas baik di tingkat nasional maupun internasional. Prof. Dr. Slamet Wahyudi, ST., MT dari Dewan Eksekutif BAN-PT memaparkan langkah strategis dalam membangun budaya mutu sebagai fondasi utama meraih akreditasi unggul, diikuti oleh Dr. Siti Komariyah, S.E., M.Si., yang menjelaskan prosedur akreditasi Universitas Jember untuk memastikan peningkatan kualitas pada setiap program studi. Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P., kemudian memaparkan secara detail standar yang harus dipenuhi dalam akreditasi lembaga pendidikan oleh LAM DIK.

Pada hari kedua, sesi dilanjutkan dengan pemaparan materi khusus terkait akreditasi oleh berbagai lembaga akreditasi mandiri (LAM) dari para pakar bidang masing-masing. Dr.apt. Fifteen Aprila Fajrin, M. Farm., menyampaikan tentang pentingnya akreditasi di bidang kesehatan untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi profesional sesuai standar industri. Kemudian, Dr. Yulia Indrawati, S.E., M.Si., menjelaskan standar akreditasi LAM EMBA yang meningkatkan kualitas pendidikan di bidang ekonomi, manajemen, bisnis, dan akuntansi. Ir. Khairul Anam, S.T., M.T., Ph.D., IPM, membahas proses akreditasi di bidang teknik yang menekankan pemenuhan kompetensi teknis unggul dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Selanjutnya, Dr. Mochammad Farid Afandi, S.E., M.Si., membawakan materi akreditasi untuk bidang informasi, teknologi, sistem informasi, dan ilmu komputer, sementara Dra. Hari Sulistiyowati, M.Sc., Ph.D., mengulas kriteria akreditasi untuk bidang sains dan matematika, guna menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya.

Pada hari ketiga, peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan mereview hasil penugasan dokumen akreditasi yang telah disusun untuk setiap bidang akreditasi, termasuk BAN-PT, LAM DIK, LAM PT KES, LAM EMBA, LAM TEKNIK, LAM INFO, dan LAM SAMA. Sesi ini memberikan ruang bagi peserta untuk mendemonstrasikan pemahaman mereka dan mengaplikasikan keterampilan dalam mereview dan mendampingi dokumen akreditasi berkualitas untuk Program Stdi di Lingkungan Universitas Jember. Pelatihan diakhiri dengan sesi review pelaksanaan untuk mengevaluasi keberhasilan kegiatan serta menutup dengan rencana perbaikan yang akan diimplementasikan dalam pendampingan akreditasi berikutnya di Universitas Jember.